Buku Tamu

Anjuran Tahiyatul Masjid

yuk's like @[178190515563030:1]
insya Allah bermanfaat.


Status Terbaru
Oleh S A L A F Y
LARANGAN LANGSUNG DUDUK KETIKA MASUK MASJID, SEBELUM SHALAT SUNNAH DUA RAKAAT (TAHIYATUL MASJID)

Imam Ibnu Hajar rahimahullah berkata:
“Tahiyyatul Masjid adalah shalat yang dilakukan sebanyak dua Raka’at, dan dikerjakan oleh seseorang ketika masuk ke masjid. Adapun hukumnya termasuk sunnah berdasarkan konsensus karena hal itu merupakan hak setiap orang yang akan masuk ke masjid, sebagaimana dalil-dalil yang telah disebutkan.”
_________________
(Fathul Bari : 2/407)

Shalat tahiyatul masjid disyariatkan pada setiap saat, ketika seseorang masuk masjid dan bermaksud duduk di dalamnya. Ini merupakan pendapat Imam Asy-Syafi’i & Imam Ahmad, yang dikuatkan oleh Imm Ibnu Taimiyah, Syaikh Bin Baz, & Syaikh Al-Utsaimin –rahimahumullah-.

★ Hadits Abu Qatadah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihiwasallam bersabda:

ﺇِﺫَﺍ ﺩَﺧَﻞَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﺍﻟْﻤَﺴْﺠِﺪَ ﻓَﻠْﻴَﺮْﻛَﻊْ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﻳَﺠْﻠِﺲ
َ
“Jika salah seorang dari kalian masuk masjid, maka hendaklah dia shalat dua rakaat sebelum dia duduk.”
_________________
(HR. Al-Bukhari; no. 537 & Muslim; no. 714)

★ Hadits Jabir radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

ﺟَﺎﺀَ ﺳُﻠَﻴْﻚٌ ﺍﻟْﻐَﻄَﻔَﺎﻧِﻲُّ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻭَﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻳَﺨْﻄُﺐُ , ﻓَﺠَﻠَﺲَ . ﻓَﻘَﺎﻝَ ﻟَﻪُ : ﻳَﺎ ﺳُﻠَﻴْﻚُ ﻗُﻢْ ﻓَﺎﺭْﻛَﻊْ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻭَﺗَﺠَﻮَّﺯْ ﻓِﻴﻬِﻤَﺎ! ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ : ﺇِﺫَﺍ ﺟَﺎﺀَ ﺃَﺣَﺪُﻛُﻢْ ﻳَﻮْﻡَ ﺍﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻭَﺍﻟْﺈِﻣَﺎﻡُ ﻳَﺨْﻄُﺐُ ﻓَﻠْﻴَﺮْﻛَﻊْ ﺭَﻛْﻌَﺘَﻴْﻦِ ﻭَﻟْﻴَﺘَﺠَﻮَّﺯْ ﻓِﻴﻬِﻤَﺎ

“Sulaik Al-Ghathafani datang pada hari Jum’at, sementara Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sedang berkhutbah, dia pun duduk. Maka beliau langsung bertanya padanya, “Wahai Sulaik, bangun dan shalatlah dua raka’at, kerjakanlah dengan ringan.” Kemudian beliau bersabda, “Jika salah seorang dari kalian datang pada hari Jum’at, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka hendaklah dia shalat dua raka’at, dan hendaknya dia mengerjakannya dengan ringan.”
_________________
(HR. Al-Bukhari; no. 49 dan Muslim; no. 875)

Semoga bermanfaat, baarakallahufiykum.

Ayo Join Cikarsya.com




mohon bantuannya untuk menyebarluaskan status ini :) :) :). dan jangan lupa untuk like https://www.facebook.com/pages/Syarifain-Ghafur/178190515563030?ref=hl untuk mendapatkan status-status yang lain.

pokoknya bantuin #share #like dan #comment ya :) :) :)

kami mempersembahkan artikel-artikel yang insya Allah akan menginspirasi.

jangan lupa like https://www.facebook.com/ci.tion untuk menambahkan informasi terbaru terkait penawaran paket wisata, pelatihan-pelatihan, snack and catering, lowongan kerja, les dan privat tingkat sd, smp, sma/sederajat, motivasi dan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar