Buku Tamu

Tutuplah Aibmu

# Tutuplah Aibmu Sebagaimana Allah Telah Menutupnya #

Setiap kita pasti memiliki masa lalu atau cerita kehidupan yang sudah terlewati. Terkadang masa lalu itu begitu indah untuk dikenang namun ada kalanya menyedihkan. Kenapa menyedihkan? Karena masa itu mungkin dipenuhi dengan dosa dan kemaksiatan meskipun tidak ada orang lain yang tahu karena Allah telah menutupi aib dan masa lalunya tersebut.

Boleh jadi Allah menutupi aibnya rapat-rapat untuk memberinya kesempatan kembali kepada jalan-Nya dan menjaga kemuliaan dirinya di hadapan manusia. Karena itu ketika kita memiliki aib di masa lalu, tutuplah rapat-rapat apa-apa yang telah ditutup Allah dari pandangan manusia meski dia adalah pasangan hidup kita sekalipun. Karena itu bagian dari bentuk penyesalan dan taubat untuk mendapatkan ampunan Allah, insya Allah.

Sungguh orang yang senang membeberkan aib diri sendiri bisa memicu penyakit hati di kalangan manusia. Ketika seseorang selalu menampakan kebaikan saja, tak sedikit orang yang berburuk sangka kepadanya. Bagaimana lagi jika seseorang senang mengungkapkan keburukan atau aib-aibnya? Selain itu membeberkan aib atau masa lalu yang penuh dosa justru bisa mendatangkan murka Allah Jalla Tsanaa'uhu dan akan semakin menjauhkan dari maaf atau ampunan-Nya . Wal 'iyya dzubillaah.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

عَنْ أَبَي هُرَيْرَةَ يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ كُلُّ أُمَّتِي مُعَافًى إِلَّا الْمُجَاهِرِينَ

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu ia berkata : Aku telah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alayhi wa sallam bersabda: " Setiap ummatku dimaafkan, kecuali al Mujahirin.

وَإِنَّ مِنْ الْمُجَاهَرَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلاً ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ عَلَيْه

Dan sesungguhnya termasuk al mujaharah adalah seorang yang bermaksiat pada malam hari kemudian pada pagi harinya padahal Allah telah menutupinya.

ِ فَيَقُولَ يَا فُلَانُ عَمِلْتُ الْبَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللَّهِ عَنْهُ

Ia berkata : “Wahai fulan, aku telah melakukan hal ini dan hal itu.” Allah telah menutup (aib)nya pada malam hari dan ia membukanya pada pagi harinya"

(Shahih Al-Bukhaariy no. 6069)

SILAHKAN SHARE semoga bermanfaat..

بَارَكَ اللَّهُ فِيْك

==============================

Menjual buku-buku Islam Ahlussunnah wal Ja'maah dengan harga terjangkau LIKE Toko Buku Sunnah | Kunjungi toko online kami www.buku-sunnah.com | ADD PIN BB : 747f417f | pemesanan SMS / Whatsapp : 08571 269 5556

Posting Komentar

0 Komentar