Buku Tamu

Ketawadhu’an Umar bin Abdul Aziz

yuk's like @[178190515563030:1]
insya Allah bermanfaat.

Ketawadhu’an Umar bin Abdul Aziz
Usai memakamkan Sulaiman bin Abdul Malik, ‘Umar mendengar suara gemuruh dan derap kuda. Iapun bertanya,

“Ada apa ini?”

“Ini adalah kendaraan resmi kekhalifahan, ya Amirul Mukminin. Ia sengaja didatangkan kemari agar anda menungganginya,” jawab seseorang.

“Aku tidak membutuhkannya, jauhkan ia dariku. Kemarikan saja bighal-ku,” jawab ‘Umar enteng. (bighal adalah hasil perkawinan silang antara keledai jantan dan kuda betina)


Maka mereka mendekatkan bighal-nya dan ‘Umar pun menungganginya. Tapi tiba-tiba datanglah kepala keamanan yang mengawal ‘Umar dari depan sambil membawa tombak. “Apa-apaan ini, aku tidak perlu pengawal. Aku hanyalah salah seorang dari kaum muslimin,” kata ‘Umar. (Shifatush Shofwah)


Maimun bin Mihran meriwayatkan bahwa suatu ketika ia bertemu ‘Umar bin ‘Abdul Aziz, lalu ‘Umar memintanya untuk menyampaikan sebuah hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Maka Maimun menyebutkan satu hadits yang amat berkesan hingga ‘Umar menangis sejadi-jadinya, lau kata Maimun,

“Ya Amirul mukminin,kalau saja aku tahu anda bakal menangis niscaya akan kubawakan hadits yang lebih ringan.”

“Hai Maimun, ini gara-gara terlalu banyak makan kacang adas, dan sejauh yang kuketahui, ia bisa melunakkan hati, memperbanyak air mata, dan melemaskan badan,” Sanggah ‘Umar.

Al-’Ishami mengomentari kisah ini dengan mengatakan, “Dia benar, memang kacang adas memiliki sifat-sifat itu, akan tetapi rahasia sesungguhnya yang menyebabkan ‘Umar menangis ialah karena hatinya amat takut kepada Allah. Akan tetapi, ia punya alasan untuk menisbatkan sebab tangisnya pada adas, karena pengaruhnya yang memang seperti itu. Seakan ia ingin menjauhkan dirinya dari apa yang mungkin menimbulkan riya’.” (Samthun Nujumil Awwal)

-- Ibunda Para Ulama --

sumber https://www.facebook.com/muslimah.or.id

mohon bantuannya untuk menyebarluaskan status ini :) :) :). dan jangan lupa untuk like https://www.facebook.com/pages/Syarifain-Ghafur/178190515563030?ref=hl untuk mendapatkan status-status yang lain.

pokoknya bantuin #share #like dan #comment ya :) :) :)

kami mempersembahkan artikel-artikel yang insya Allah akan menginspirasi.

jangan lupa like https://www.facebook.com/ci.tion untuk menambahkan informasi terbaru terkait penawaran paket wisata, pelatihan-pelatihan, snack and catering, lowongan kerja, les dan privat tingkat sd, smp, sma/sederajat, motivasi dan lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar