01. Maulid Nabi berarti hari kelahiran Nabi Muhammad saw. | menurut mayoritas ulama yaitu 12 Rabiul Awwal
02. dalam sirah Nabi kita tidak menemukan riwayat perayaan secara
khusus oleh Nabi di hari lahirnya | ataupun melakukan ritual tertentu
03. pun di zaman sahabat, tabi'in dan tabi'ut tabi'in serta ulama salaf | tidak ada yang mengkhususkan hari lahir Nabi saw
04. peringatan khusus atas Maulid ini baru ada di generasi setelahnya | ada sumber bahwa Salahuddin Al-Ayyubi yang pertama mengawalinya
05. dalam usahanya membebaskan Al-Quds (Yerusalem) dari penjajah
tentara salib | Salahuddin memperingati Maulid Nabi Muhammad saw
06. tujuan peringatan Maulid ini mempertinggi semangat jihad kaum Muslim | dengan membacakan kisah hidup Nabi Muhammad saw
07. pada 1184 M Salahuddin megumpulkan ulama untuk mengisahkan kisah Rasulullah dalam sebuah syair | untuk menyemangati Muslim
08. adalah Syaikh Ja'far Al-Barzanji yang akhirnya terpilih untuk
mengisahkannya | jadilah syair "Barzanji" seperti kita kenal sekarang
09. "Barzanji" ini ditulis untuk meningkatkan kecintaan ummat pada Nabi | yang diharapkan akan mencontoh perjuangan beliau saw
10. alhamdulillah semangat dan persatuan kaum Muslim diawali peringatan
ini | lalu Al-Quds dapat dibebaskan pada 1187 M oleh Muslim
11. pada masa kini ada pro-kontra tentang "Maulid Nabi" ini | sebagian
mengatakan bid'ah (penyimpangan) sebagian lagi membolehkannya
12. yang menganggapnya penyimpangan (bid'ah) | berdalil bahwa Muslim dilarang merayakan apapun yang tidak dirayakan Rasulullah
13. sedangkan yang membolehkan "Maulid Nabi" bersandar pada dalil | bahwa Imam Suyuthi dan Ibnu Hajar membolehkannya
14. lalu bagaimana mendudukkan kedua perkara pro-kontra Maulid Nabi ini? | kita coba sedikit mengupasnya..
15. dalam Islam, bid'ah itu sesuatu yang dilarang Rasulullah | pelakunya berada dalam kesesatan, dan kesesatan ada di neraka
16. sejauh yang saya pelajari (semoga Allah maafkan bila tersilap) |
bid'ah adalah penyimpangan dalam hal ibadah, bukan selain ibadah
17. contoh bid'ah misalnya menambah shalat subuh dari 2 rakaat menjadi 3
rakaat | atau shalat isya dari 4 rakaat jadi 3 rakaat, ini bid'ah
18. namun bila penyesuaian tatacara (wasilah), maka dalam kajian saya
ini bukan bagian bid'ah | misalnya peringatan "Maulid Nabi"
19.
maka bid'ah ini hanya berkaitan dengan ibadah ritual (ibadah mahdhah)
saja | sedangkan perantaranya (wasilah) tidak termasuk bid'ah
20. misalnya lagi, dahulu Al-Qur'an di masa Rasul dan sahabat ditulis di
kulit atau tulang | masa kini di laptop dan HP, itu bukan bid'ah
21. dahulu di masa Rasulullah pendidikan dilakukan secara tatap muka | masa kini bisa dengan online maka sah, tidak bid'ah
22. maka peringatan "Maulid Nabi" bisa disamakan dengan membaca Sirah Nabi | hanya saja dilakukan secara berjama'ah
23. di peringatan Maulid Nabi kita diingatkan dengan kisah beliau dalam berjuang | semakin mencintai dan menyayangi beliau saw
24. maka peringatan "Maulid Nabi" adalah bagian dari Majlis Ta'lim,
Majlis Ilmu | mendatanginya insyaAllah mendapat ilmu dan manfaat
25. apalagi "Barzanji"-nya diartikan dalam bahasa Indonesia, malah
lebih bagus lagi | banyak yang tadinya nggak paham jadi paham kisah Nabi
26. jadi justru "Maulid Nabi" ini harus jadi momentum persatuan dan pengingat | bagaimana perjuangan Nabi untuk Islam dan kita
27. lalu bagaimana bila ada pendapat lain yang tetap menolak Maulid
Nabi? | ya sudahlah, sama-sama saudara, selama berdalil, legowo aja
28. sesama Muslim itu harus saling menjaga, saling sayang | masak
"Maulid Nabi" dijadikan alasan ribut dan rusuh saudara sendiri?
29. yang punya dalil ikut Maulid Nabi ya jalan | yang yakin Maulid Nabi
itu bid'ah ya tinggalkan | sesama Muslim harus saling memahami
30. ingat-ingat bahwa memperingati "Maulid Nabi" bisa jadi berpahala,
bisa jadi tidak | tapi rusuh sesama Muslim sudah jelas menyedihkan
31. jadi clear ya | yang penting woles dan adem sama saudara sendiri | jangan galak, jangan ngamuk | yang tau ilmu tentu baik perangainya
semoga ada kaitannya dengan artikel di bawah ini mengingat penyampaiannya terpisah.
1. alhamdulillah.. malam ini sampai email dari akhi fian ke saya | berkaitan twit saya sejarah "Salahuddin dan Syaikh Barzanji"
2. intinya klarifikasi tentang Syaikh Ja'far Al-Barzanji yang lahir
1126 H dan Salahuddin yang lahir 532 H | ada perbedaan mencolok
3. dengan itu akhi fian menyampaikan ada data yang tidak akurat | hingga twit saya kemarin perlu dikoreksi
4. saya juga sudah mencari data-data yang berkaitan Syaikh Barzanji dan Salahuddin | dan data yang saya dapatkan sama dengan akhi fian
5. karenanya saya memohon maaf atas kelalaian saya memverifikasi sumber
sejarah | semoga Allah memaafkan dan menjadikan pelajaran bagi saya
6. demikian koreksi kepada diri saya dan tweeps | bahwa syair "Barzanji
dalam Maulid" tidak akurat bila dikaitkan dengan Salahuddin
7. terimakasih juga kepada akhi @ian_al_ghuroba @rimamuryantina @Kanigara94 atas pengingatnya | jazakumullah wa hayyakumullah
0 Komentar